TRADITIONAL FOOD OF WAKATOBI



1.      KASOAMI
Pertama ubi kayu diambil dan di kupas kulitnya, setelah itu diparut dan dan dibungkus menggunakan karung dan ditindis dengan alat tradisional yang disebut opia untuk menghilangkan kandungan airnya. Ubi yang telah ditiriskan tadi dihncurkan dan disaring melalui alat tradisional yang disebut guguraa untuk mengambil bagian halusnya, setelah itu ubi kayu yang telah di saring tadi di masukkan dalam cetakan yang terbuat dari daun kelapa  dan dikukus menggunakan belanga, 5-7  menit kasoami siap disajikan.
2.      HUGU-HUGU
Hugu-hugu adalah makanan tradisional yang terbuat dari ubi kayu yang telah dikeringkan. Pertama ubi kayu kering diambil dan diiris-iris tipis lalu dicuci dan dimasukkan ke dalam soamia cetakan yang terbuat dari daun kelapa lalu dikukus menggunakan belanga, tunggu hingga 7 menit dan hugu-hugu pun siap disajikan.
3.      KAMBOSE
Kambose adalah  makanan tradisional yang berbahan dasar jagung, pertama jagung MUDA  dorontokan dan setelah itu di cuci lalu masak jagung dengan air secukupxa, satu liter jagung menggunakan 1-11/2 liter air, rebus selama 20-25 menit dan kambose siap disajikan.
4.      KAMBOSE KEPU
Makanan ini terbuat dari jagung yang tua , pertama jagung dirontokan dan dicuci setelah itu jagung direbus dengan  air dan sedikit kapur selama 30-40 menit.  Kapur berfungsi untuk membuka kulit ari dari jagung. Setelah itu jagung dicuci bersih dengan air lalu jagung direbus dengan santan selama 20-25 menit dan ditambahkan garam secukupnya  dan jagung siap disajikan.
5.      SAURONDO
Saurondo terbuat dari jagung yang tua. pertama jagung ditumbuk sampai kulit arinya terbuka setelah itu jagung dicuci sampai bersih, setelah itu jagung direbus dengan santan dan daun pandan selama 30-40 menit sampai jagung mulai lunak. Setelah jagung lunak kacang merah dimasukkan kedalam rebusan jagung dan tambahkan garam secukupnya, tunggu sampai kacang merahxa lunak dan saurondo siap disajikan.
6.      HELOA SIRA/HELOA VANGKARA
Heloa sira/ vangkara adalah masakan yang menggunakan kelapa sebagai salah satu bahan dasar, heloa sira/vangkara  bisa menggunakan sayur/ ikan/keong/ikan kering dll,  pertama daging kelapa yang setengah tua dibuka/diambil menggunakan alat tradisional yaitu kangkuru’a, setelah itu kelapa direbus bersama air secukupnya setelah itu masukkan bahan sprti ikan/ sayur/ keong/ ikan kering  dll, setelah itu tambahkan jeruk nipis/ belimbing sayur garam dan penyedap secukupnya, khusus untuk sayur cukup garam dan penyedap saja, tunggu sampai ikan/ keong/  sayur sampai  matang dan heloa sira pun siap disajikan.
7.      TOMBOLE/ HEBATU
Hebatu adalah makanan tradisional yang terbuat dari  ubi kayu yang diparut dan telah ditiriskan, pertama bakar batu hingga panas selagi batu dibakar  opi diremas dgan tangAN dan disaring menggunakan  guguraa setelah itu dicampur dengan kelapa parut, kenari, bawang merah, garam serta air atau santan secukupnya, setelah itu ambil adonan segenggam  lalu bungkus dengan daun pisang, lakukan terus sampai adonan habis, setelah itu letakan batu panas sebagai dasar panggangan lalu letakan tombole diatas batu dan tutupi tombole dengan batu panas, letakan daun2 yang masih hijau diatas batu dan tggu sampai tombole matang, tombole siap disajikan.
8.       IKAN PARENDE
Pertama ikan di bersihkan lalu tumis bawang merah, putih , rebus air sampai mendidih lalu masukan tumisan bawang merah dan putih serta daun sereh  dan sedikit kunyit bubuk,  setelah  ikan mendidih masukan air perasan jeruk nipis/ belimbing wuluh kedalam masakan tambahkan garam dan penyedap dan ikan parende pun siap disajikan.

TRADITIONAL FOOD OF WAKATOBI TRADITIONAL FOOD OF WAKATOBI Reviewed by Studio ZeyQ on 03:24 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.