UNESCO di WAKATOBI

Hello sob kali ini masih dalam rangkain liburan saya di wakatobi kali ini saya akan memposting ini ni...
Berbagai keanakeragam berada di wakatobi dari sumberdayanya, keunikan, hingga parawisatanya, sehingga UNESCO menyatakan Wakatobi merupakancadangan dunia biosfer. The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) telah menyatakan Wakatobi Taman Nasional Laut Provinsi Sulawesi Tenggara sebagai kawasan cagar biosfer dunia tanpa syarat. UNESCO telah menyatakan Wakatobi taman nasional, yang meliputi area seluas 1,3 juta hektar, menjadi cagar biosfer dunia, bersama dengan 12 cagar biosfer lainnya di dunia," kata Bupati Wakatobi Hugua. Menurut Hugua, keputusan untuk membuat Wakatobi dunia cagar biosfer dicapai pada pertemuan ke-18 Komite Penasehat Internasional untuk Program Cadangan Biosfer UNESCO MAB di Paris selama April 2-4, 2012. "Pada pertemuan tersebut 26 daerah dianggap status cagar biosfer dunia, namun hanya 13 yang disetujui, termasuk Wakatobi. Lima daerah diberi kondisi dan lima daerah lainnya ditolak,"
      UNESCO sendiri mempenyai tiga alasan ingin melindungi tiga kepentingan ketika membangun Taman Nasional Wakatobi sebagai pusat cagar biosfer dunia: pengetahuan lokal, kelestarian lingkungan, dan kepentingan ekonomi yang berkelanjutan dari masyarakat setempat."Pengetahuan lokal terkait dengan tradisi budaya masyarakat,".kelestarian lingkungan perlu dilindungi karena perairan Taman Nasional Wakatobi memiliki keragaman terumbu karang dan biota laut, yang relatif lebih tinggi dibandingkan daerah lain di dunia."The perairan Wakatobi membanggakan 750 spesies terumbu karang, dari total 850 spesies di seluruh dunia. Bahkan Laut Karibia, yang sangat populer di kalangan wisatawan, terutama penyelam, hanya memiliki 50 spesies karang, sedangkan Laut Merah memiliki 300 spesies, ""Sehubungan dengan kepentingan ekonomi masyarakat lokal, masyarakat di Wakatobi harus bisa memanfaatkan potensi sumber daya alam yang ada secara berkelanjutan tanpa mengganggu keseimbangan lingkungan". Sumber.
      Dan buat teman teman yang pemgen lihat tugu UNESCO bisa jalan jalan ke Green Park Motika atau di Jalan Poros ke desa liya yang ada di pulau wanci. membahas soal Green Park Motika ini merupakan taman hijau yang di buat oleh pemerintah Wakatobi yang merupakan simbol dari menjadinya Wakatobi sebagai cagar biosfer yang ada di darat. selain pembahasan tadi jika teman pengen berkunjung tempat ini ti dak jauh kok dekat dengan pelabuhan panggulubelo.ulu ya postingan kali ini.
Sekian d
post: LJB
.
UNESCO di WAKATOBI UNESCO di WAKATOBI Reviewed by Studio ZeyQ on 06:40 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.